BLT Rp 13,2 Juta Digelapkan Kadus

AMLAPURA, NusaBali

Bantuan langsung tunai (BLT) di Dusun Sebudi, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem untuk 44 KK, seluruhnya digelapkan Kadus Sebudi, I Ketut Budiasa. Setelah diprotes warga, Budiasa dikabarkan kabur dari rumahnya. Demikian informasi dihimpun NusaBali di Dusun Sebudi, Senin (1/9).

Warga I Made Wanta dihubungi di Dusun Sebudi mengatakan, setelah dapat kartu BLT, sempat disuruh menandatangani untuk pencairan bantuan itu. Belakangan setelah didengar uang BLT tersebut telah cair, dengan terus terang seluruh bantuan itu diminta Kadus Sebudi. “Uang saya diminta seluruhnya, tetapi saya balik saya kembali minta Rp 100.000. Bantuan untuk warga lainnya, juga digelapkan,” kata Wanta.

Wanta mengaku masih beruntung, jatahnya berhasil diminta Rp 100.000. Sedangkan warga miskin lainnya, sama sekali tak kebagian. Beberapa warga miskin yang berhasil dihubungi seperti: I Kadek jati, I Ketut Gitar, I Ketut Kalis, I Nengah Bakat, I Nengah Suiki, I Made Jati, I Komang Buda dan sebagainya, sama sekali tak kebagian BLT.

Bakat mengatakan, sebelum BLT itu cair, seluruh kartu BLT dikumpulkan kadus Sebudi, berjanji untuk mencairkan bantuan tersebut dengan menandatangani berita acara surat kuasa pengambilan bantuan. Kenyataannya belakangan ini, seluruh uang BLT digelapkan. “Kadus Sebudi sempat mendatangi beberapa warga miskin, mengatakan uang BLT-nya telah diambil dan telah dimanfaatkan secara pribadi dan telah habis,” kata Bakat.

Bakat menambahkan, terkait uang BLT telah dimanfaatkan kadus Sebudi, disarankan kadus Sebudi agar tidak melapor. Kemarin, beberapa warga miskin mendatangi rumah Kadus Sebudi, yang bersangkutan tidak ada di rumahnya. Sejumlah warga setempat menduga yang bersangkutan pergi ke Singaraja, karena di Singaraja juga memiliki rumah.

Hal senada dipaparkan warga I Nengah Suiki. “saya berharap agar uang BLT itu saya dapatkan. Bantuan Rp 300.000 sangat berarti bagi saya sebagai orang miskin,” harap Suiki.

Di bagian lain, Camat Selat I Komang daging mengaku belum dapat laporan terkait masalah itu. Sedangkan Bupati Karangasem melalui Plt Kabag Humas dan protokol Setdakab Karangasem I Nyoman wage mengatakan, berjanji mengecek ke lapangan terhadap persoalan tersebut. k16

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: